DD-jenis copywriting dan contohnya

9 Jenis Copywriting dan Contohnya: Mau penjualan anda meningkat? pakai cara ini!

Bagikan post ini:

9 Jenis Copywriting dan Contohnya Pada waktu melihat iklan di tv, anda pasti melihat para talent membicarakan kata-kata yang menarik atau dapat membuatmu terpengaruh dalam bidang bisnis, hal ini disebut copywriting. Copywriting tentunya bukan adalah hal baru dalam marketing. Copywriting adalah salah satu teknik yang harus dipelajari bagi Anda yang berniat berbisnis. Karena penggunaan teknik ini diyakini dapat menarik calon pembeli ke produk Anda.

Seiring dengan perkembangan teknologi, copywriting pun mengalami perubahan. Begitu pula menggunakan pendekatan pada calon pembeli. Bukan sebatas menggunakan iklan, copywriter pula perlu menulis konten buat dipajang di website, e-mail, maupun media sosial demi menciptakan konektivitas dengan calon pembeli. Untuk mampu menulis konten dengan baik, anda perlu memahami pengertian dan jenis copywriting dan contohnya berikut ini.

Rumus Copywriting

Agar memudahkan penulisan copywriting, ada beberapa bagian pada copywriting yang perlu anda ketahui. 

1. Headline

Headline adalah judul utama iklan dan membantu anda menyampaikan pesan terpenting anda. Oleh karena itu, judul tidak boleh terlalu panjang, harus jelas, dan menarik perhatian calon pembeli.

2. Subheadline

Subheadline adalah penjabaran lebih lengkap mengenai headline.

3. Isi

Isi merupakan bagian yang menunjukkan barang, jasa, atau hal utama yang ingin disampaikan dalam iklan, umumnya yang disampaikan merupakan kelebihan produknya.

4. Penutup

Penutup adalah mengarahkan pembaca untuk melakukan sesuatu. Penutup juga diklaim sebagai call to action (CTA).

Jenis-jenis Copywriting dan Contohnya

Berikut ini ada 9 jenis copywriting yang perlu anda ketahui.

1. Brand Copywriting

jenis copywriting dan contohnya-brand copywriting

Jenis copywriting dan contohnya – Brand copywriting adalah copywriting yang digunakan untuk menunjukkan identitas brand. Misalnya copywriting ini bisa menjadi copywriting untuk membuat slogan atau tagline bisnis.

Contoh:

  1. Nike – Just Do It!
  2. Nokia – Connecting People

2. Seo Copywriting

jeni copywriting dan contohnya-seo copywriting

Jenis copywriting dan contohnya – Ingin mencari suatu hal di internet, seorang akan menggunakan mesin pencari, misalnya google. Google akan menunjukkan semua artikel yang memasukkan kata kunci yang dimasukkan.

Supaya artikel gampang diindeks oleh google, penulis wajib menerapkan taktik supaya artikelnya “disukai sang google”. Copywriting yang menggunakan istilah kata eksklusif agar mudah diindeks sang google inilah yang disebut SEO (search engines optimization) copywriting

Misalnya, istilah kunci yang dimasukkan “mie ayam enak di jogja”, kemudian muncul judul artikel yang berjudul “9 Mie Ayam Enak di Jogja Terfavorit dan Terkenal”. Penggunaan nomor, terutama angka ganjil adalah salah satu cara untuk artikel lebih gampang terindeks google.

3. Marketing Copywriting

marketing copywriting

Jenis copywriting dan contohnya – Marketing copywriting sangat relevan dengan kehidupan kita setiap hari. Tujuan utama copywriting ini artinya mengakibatkan semua yang ditinjau & didengar calon pembeli sebagai promosi. Marketing copywriting bisa digunakan pada iklan online, iklan tv, iklan radio, baliho, e-mail, video youtube, flyer, dll.

Contoh:

iklan produk keramik naruna di instagram yang menerangkan berbagai kelebihan bahan keramik.

putusan bulat ga kalo ini cantik banget ????

faktanya bahan keramik memang lebih aman buat kesehatan lantaran…


– keramik terbuat menurut bahan tidak beracun

– keramik lebih tahan panas

– keramik ramah lingkungan

tableware keramik non melarutkan bahan kimia

– keramik ini non plastik atau vinyl

keunggulan lainnya keramik memiliki desain yang elegan, glamour & cantik.

putusan bulat gakk handmaters ?

ayo komen & like dulu postingan ini ✨

4. Influencer Copywriting

thought leadership copywriting

Jenis copywriting dan contohnya – Influencer copywriting merupakan copywriting yang dilakukan oleh tokoh-tokoh yang dikenal sang publik menjadi pakar pada bidangnya. Tulisan sang tokoh yang sudah dikenal luas, publik akan lebih percaya akan kualitas sebuah produk.

Contohnya, para beauty blogger yang menulis review mengenai produk kecantikan.

5. E-mail Copywriting

email copywriting

Jenis copywriting dan contohnya. E-mail menjadi salah satu pilihan, karena pendekatan yang bersifat pribadi sehingga pembuat mampu menjalin konektivitas yang lebih intim dengan calon pembeli. E-mail copywriting mempunyai struktur yang khas, yaitu subject line yang menarik, preview sentence yang penuh pertimbangan, kalimat intro, & call to action.

Contoh e-mail copywriting:

Hai sobat bri,

rasakan mudahnya punya rekening deposito bri tanpa wajib ke bank melalui ib.bri.co.id

selain mudah anda pula bisa dapetin cashback hingga menggunakan rp 200rb..

periode program maret s.d mei 2022 atau sampai menggunakan kuota habis..

berita lebih lanjut kunjungi s.id/depositobri-ib

#bankbri

#depositointernetbanking

6. Public Relation Copywriting

pr copywriting

Jenis copywriting dan contohnya – Public relation copywriting bertujuan untuk menginformasikan kepada calon pembeli tentang sebuah bisnis atau organisasi. Contoh konten dari PR copywriting ini artinya press release yang dilakukan oleh sebuah perusahaan selesainya melakukan aktivitas eksklusif, misalnya launching produk baru, aksi sosial, ulang tahun perusahaan, dll.

7. Technical Copywriting

technical copywriting

Jenis copywriting dan contohnya – Technical copywriting bertujuan untuk menjelaskan teknologi sambil mempromosikan produk. Contohnya, Vivo memperkenalkan teknologi fast charging & long lasting battery sekaligus mempromosikan ponsel terbarunya, yaitu Vivo T1 Pro 5G.

8. Direct Response Copywriting

direct response marketing

Jenis copywriting dan contohnya – Direct response copywriting adalah copywriting yang dibuat menarik dan secara pribadi membicarakan pada calon pembeli untuk melakukan aksi eksklusif. Direct response copywriting sering memakai kata “join now” & menyertakan link atau tombol yang terhubung ke formulir.

9. Social Media Copywriting

social media copywriting

Jenis copywriting dan contohnya – Copywriting buat membuat konten pada media sosial mempunyai karakteristik spesial yang membedakannya dari media lain. Beberapa karakteristik social media copywriting antara lain :

  • Lebih banyak menggunakan gaya informal
  • Seringkali memakai emoticon atau emoji
  • Biasanya didukung menggunakan elemen visual
  • Iklan akan diarahkan ke website
  • Copywriting dibentuk singkat
  • Copywriter mungkin menulis iklan buat beberapa platform
  • KPI (key performance index) mungkin tidak sinkron antarplatform

Contoh:

saking zheyeengnya minking sama kalian, sekarang menangin mobil lebih gampang lagi raqyatkoeeehhhh.

beli king’s chicken minimal 17rb, anda bisa langsung dapet kupon undiannya! tunggu apa laagiiiii pesen sekaraaangg!

#renyahdibk

#rejekingunyahdiburgerking

#burgerkingindonesia

Beberapa Contoh Copywriting

Berikut contoh copywriting yang bisa anda pakai di bawah ini :

Copywriting Untuk Jualan Baju

Contohnya:

“Ingin tampilan anda makin kece dan keren? Ayo beli kemeja lengan pendek ini dari toko kami. Bisa pesan online atau kunjungi langsung di Jl. Samadia Tapi Gak Pernah Jadian. Temukan kemeja lengan pendek dengan motif yang keren, tidak murahan, tapi tentunya terjangkau. Di toko kemeja kami menyediakan kemeja lengan pendek untuk cowok dengan berbagai variasi. Ayo beli sekarang sebelum motif kesukaan anda habis.”

Copywriting Untuk Produk Kecantikan

Contohnya:

“Produk kami 100% asli pabrik, jadi jangan khawatir. Produk ini dijual ratusan buah dan mengandung ekstrak akar bengkuang yang mencerahkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, desain produk ini menggunakan kaca premium yang sulit pecah meski terjatuh.”

Copywriting Produk Kesehatan

Contohnya:

“Stamina cepat habis karena porsi kerjaan yang banyak? Ingin memiliki stamina yang kuat agar kerjaan anda menjadi lancar? Cobain nih obat A untuk menambah stamina anda supaya selalu fit setiap saat.”

Copywriting Jual Rumah

Contohnya:

“Selama Idul Fitri, seluruh keluarga berkumpul untuk saling silaturahmi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan rumah yang luas dengan ruang tamu yang luas.
Terletak di Jogja, rumah dua lantai ini memiliki ruang tamu dan ruang makan yang dapat digabungkan menjadi satu, seluas 20 meter persegi.

Jangan khawatir! Ruang tamu dan ruang makan bisa dipisahkan dengan pintu kaca lipat yang terbuat dari aluminium. Oleh karena itu, kapanpun dibutuhkan privasi untuk menampung tamu, Anda bisa menutup pintu kaca dan gorden yang sudah terpasang.
Lalu, rumah ini juga mempunyai kamar mandi tamu yang dekat dengan pintu masuk. Masuk kamar mandi yang sangat gampang membuat tamu tidak perlu masuk ke bagian rumah yang lebih privacy.

Detail properti:
– Luas tanah: 300 meter persegi
– Luas bangunan: 350 meter persegi
– Luas lantai 1: 200 meter persegi
– Luas lantai 2: 150 meter persegi
– Jumlah lantai: 2
– Kamar tidur: 5
– Kamar mandi: 3
– Kamar mandi tamu: 2
– Garasi: 1
– Carport: 1

Fitur terbaik:
– Lantai marmer baru, renovasi tahun 2022
– Posisi hook dengan taman berhadapan
– Dapur luas dilengkapi kitchen set
– Kamar tidur utama dilengkapi kamar mandi dengan shower

Fasilitas:
5 menit ke taman kota
10 menit dari pusat kuliner
15 menit dari SMP & SMA negeri.”

Penutup

Setelah mengetahui berbagai hal tentang copywriting, terutama jenis copywriting dan contohnya, anda pastinya akan bisa lebih tahu bahwa setiap jenis tulisan punya tujuan & sasaran media yang tepat buat mengaplikasikannya. Dengan demikian, anda pun bisa menciptakan aneka macam konten berkualitas yang bisa mengangkat suatu brand, menaikkan penjualan, dan tentunya menjalin kedekatan menggunakan calon pembeli yang menjadi target marketmu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *