teknik copywriting aida

Mengenal Teknik Copywriting AIDA Untuk Membuat Copywriting yang Menarik!

Bagikan post ini:

Teknik copywriting AIDACopywriting adalah teknik penulisan yang dilakukan oleh penulis untuk mempromosikan merek dengan tujuan menarik perhatian, meningkatkan minat membaca, dan mendorong pembaca untuk melakukan tindakan yang disarankan oleh penulis. Menulis dengan teknik ini membutuhkan banyak pemikiran dan kreativitas.

Alhasil, konten yang ditulis di sana sangat efektif dalam menarik minat calon pelanggan. Namun, tidak semua orang memahami langkah-langkah menulis kalimat terstruktur yang baik. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui teknik copywriting AIDA untuk membuat salinan iklan yang menarik.

Copywriting Dengan Teknik Copywriting AIDA

AIDA kepanjangan dari Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Keinginan), dan Action (Tindakan). Keempat komponen ini dapat mengubah halaman kosong menjadi tulisan atau konten yang mengesankan, menarik minat, dan bahkan membuat orang lain terpengaruh setelah membaca tulisan atau konten. Inilah cara menerapkan teknik copywriting Aida dalam membuat konten copywriting.

teknik copywriting AIDA

Attention

Sebuah studi tahun 2013 oleh SilverPop menemukan bahwa orang menjadi tertarik pada konten hanya dalam delapan detik. Artinya, sebagai pembuat konten, jika Anda tidak dapat menarik calon pelanggan ke konten Anda dalam delapan detik pertama, konten tersebut dapat dianggap tidak dapat menyampaikan pesan Anda ke target pasar Anda.

Ada tiga unsur yang dapat digunakan untuk menarik perhatian: judul, gambar, dan kalimat pembuka. Kiat yang Anda perlukan untuk buyer personal terkait bisnis yang Anda promosikan, memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi prospek Anda, dan membuat mereka merasa dan berpikir, “Inilah yang saya cari!”.

Interest

Selain perhatian, Anda juga harus membuat pembaca konten jadi tertarik dengan iklan Anda. Beberapa unsur yang harus dioptimasi agar mencapai interest dari calon pelanggan, antara lain informasi, fakta, studi kasus, statistik, kondisi ideal, dan apa yang ditampilkan dalam konten.

Beberapa kalimat yang dapat dijadikan contoh untuk membangkitkan minat, misalnya:

  • Anda bisa kehilangan hingga 10kg dalam waktu 2 minggu.
  • Rahasia tampil glowing dalam satu minggu pemakaian rutin.
  • Tips ini membantu Anda untuk mendapatkan orderan tiap hari dari Toko Online

Desire

Unsur Desire hampir identik dengan Interest dalam teknik copywriting AIDA. Pada tahap ini, Anda hanya perlu benar-benar bisa membuat calon pelanggan menginginkan produk yang Anda tawarkan. Salah satu tips menyebutkan beberapa manfaat produk yang baik, seperti: menurunkan berat badan hingga 10 kg tanpa harus ke gym.

Action

Anda perlu membuat calon pelanggan mengambil tindakan untuk membeli produk yang Anda tawarkan dalam copywriting Anda. Selain itu, pelanggan dapat diajak untuk berkontribusi dengan membuat akun, mengunduh, mendaftar, menelepon, atau menyelesaikan survei.

Tambahkan Kalimat Persuasif

Setelah menerapkan teknik copywriting AIDA pada empat langkah sebelumnya, Anda perlu menggabungkan keempat teknik copywriting AIDA di atas untuk mendapatkan perhatian, membuat pelanggan Anda merasa membutuhkan produk, dan akhirnya membelinya. Ini biasanya disebut sebagai langkah menarik dalam upaya promosi untuk meyakinkan banyak orang agar membeli produk atau layanan yang ditawarkan dalam bentuk copywriting.

Untuk membuat pembuatan iklan Anda lebih terstruktur dan terencana, Anda perlu menyusun dan merencanakan keempat teknik copywriting AIDA. Ingatlah untuk menentukan target pasar dan pesaing Anda agar mencapai hasil yang maksimal dan optimal di masa depan.

Teknik copywriting AIDA sering digunakan oleh banyak pengiklan saat membuat copywriting iklan. Ini mengacu pada pentingnya konten bagi pelanggan potensial. Buat mereka tertarik untuk membeli merek Anda dan menjadi pelanggan tetap.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *